SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA SAYA

Monday 15 June 2020

Digital Forensic for Beginners-STEGANOGRAPHY


STEGANOGRAFI

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga hanya pengirim dan penerima yang mengetahui isinya dan tidak ada seorangpun menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia pada objek tersebut. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”. Steganografi biasanya memanfaatkan file seperti gambar, suara, atau video untuk menyembunyikan pesan rahasia yang dikirim.

Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam prakteknya, kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial atau terlihat biasa-biasa saja, sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya padahal sebenarnya terdapat suatu pesan rahasia di dalamnya.

Cara Kerja Steganografi
Untuk menyisipkan data yang ingin disembunyikan membutuhkan gambar, suara, video dan sebagainya yang terlihat tidak mencurigakan untuk digunakan sebagai media penampung yang menyimpan pesan rahasia. Lalu kemudian pesan akan disisipkan ke dalam file gambar, suara, video atau media laiinya (cover-object) , lalu gambar yang telah disisipi pesan tersebut telah berubah menjadi stego-object(dengan tampilan dan size yang sama namun telah berisikan pesan rahasia).
Secara umum, terdapat dua proses didalam steganografi yaitu proses embedding untuk menyisipkan pesan kedalam cover-object dan proses decoding untuk ekstraksi pesan dari stego-object. Kedua proses ini mungkin memerlukan kunci rahasia yang dinamakan stego-key agar hanya pihak yang berhak saja yang dapat melakukan penyisipan dan ekstraksi pesan dengan syarat pengirim dan penerima harus mengetahui password atau stego-key yang digunakan.


Tool yang Digunakan
Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk melakukan steganography seperti :
·         Xiao Steganography


Xiao Steganoraphy di gunakan untuk membuat stego object atau object berupa gambar, suara atau video yang telah berisikan pesan rahasia. Dan dapat juga digunakan untuk melakukan ekstraksi stego object agar mendapatkan pesan rahasia yang ada di dalam objek tersebut.

·         S-Tools















S-Tools hanya dapat digunakan untuk melakukan ekstraksi stego object, dan tidak memiliki fitur untuk membuat file yang berisikan pesan rahasia (stego object). Namun penggunaanya sedikit lebih mudah dalam hal ekstraksi karena hanya perlu menyeret file object nya untuk kemudian mendapatkan file rahasia di dalamnya, penggunaanya lebih simple dibandingkan Xiao Steganography dalam hal ekstraksi.

Bentuk Format Steganografi
Beberapa bentuk format yang sering digunakan adalah sebagai berikut :
·         Teks
Menurut sejarah, menyembunyikan pesan di dalam teks merupakan salah satu metode yang sering digunakan. Pada umumnya metode yang digunakan adalah menyembunyikan pesan rahasia disetiap huruf ke-n pada setiap kata di dalam pesan teks yang digunakan sebagai media penampung. Steganografi dengan menggunakan teks ini sudah tidak terlalu sering digunakan lagi karena file teks memiliki jumlah redundasi data yang sangat sedikit.

·         Gambar/Citra
Penggunaan media gambar adalah yang paling popular untuk steganografi pada masa sekarang ini. Hal ini karena gambar/citra memiliki redundansi yang cukup besar, selain itu karena media ini yang paling sering dipertukarkan di internet.

·         Suara dan Video
Untuk menyembunyikan informasi didalam file suara atau video tekniknya hampir sama dengan yang digunakan untuk menyembunyikan pesan di dalam gambar. Satu teknik yang berbeda untuk audio steganografi adalah masking. Meskipun penggunaan steganografi dengan media suara dan video ini cukup berpotensial seperti pada gambar, namun kapasitas memori yang lebih besar membuat media suara dan video kurang populer karena ketidakpraktisannya.

·         Protocol
Protocol steganografi mengacu pada teknik untuk menyisipkan informasi bersama dengan pesan dan protokol kontrol jaringan yang digunakan di dalam transmisi sebuah jaringan. Di model lapisan OSI network terdapat sebuah covert channels dimana steganografi dapat digunakan. Sebagai contoh dimana pesan dapat disembunyikan adalah di bagian header dari paket TCP/IP di beberapa tempat yang bersifat optional atau tidak pernah digunakan.




Newer Post Older Post Home

0 komentar:

Instagram Instagram Instagram Instagram