SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA SAYA

Tuesday 26 May 2020

Perbedaan Hackers dan Ethical Hackers

Apa Itu Hacker? Menurut pengertiannya, hacker bisa dibilang adalah istilah untuk seseorang yang mempelajari, memodifikasi, menganalisa dan masuk ke sebuah jaringan komputer dengan cara yang tidak sah dengan tujuan mencari keuntungan atau bisa juga hanya sebagai tantangan semata.Namun, ada juga hacker yang melakukan aktivitas meretas dikarenakan sebuah tujuan mencari kelemahan atau bug yang ada pada suatu sistem. Kemudian kelemahan tersebut.
 hacker dibagi lagi menjadi dua jenis. Yaitu white hat hacker dan juga black hat hacker. Mungkin dari namanya saja Anda sudah mulai menebak definisi dari keduanya. White hat hacker memang lebih sering menggunakan kemampuan mereka dalam meretas jaringan komputer tapi untuk kegiatan yang positif. Sedangkan black hat hacker malah melakukan sebaliknya. Yaitu melakukan pekerjaan dengan tujuan merusak dan menggunakan kemampuannya untuk mendapatkan keuntungan.
sedangkan Ethical Hacking adalah suatu kegiatan meliputi penggunaan aplikasi hacking, trik-trik dan teknik untuk mengidentifikasi kelemahan sistem guna memastikan keamanannya. Ethical hacking dalam melakukan peretasan membutuhkan persetujuan dari pihak yang memiliki otoritas.

Mengapa Dibutuhkan?
Untuk melawan hacker kita tentu harus berfikir seperti hacker. disinilah dibutuhkan seorang ethical hacker. melalui metode ini kita bisa menemukan kelemahan sistem dan bagaimana hacker mengeksploitasi kelemahan tersebut. untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalisir peretasan.
Sebelum peretas menemukan celah keamanan sistem, dengan menggunakan metode ini harapannya kita bisa menemukan celah terlebih dahulu sehingga celah tersebut bisa kita tutup. sehingga akan menghindarkan kita dari risiko buruk kegagalan sistem.

selanjutnya adalah kita bisa mengetahui apa yang akan dilakukan oleh hacker ketika celah keamanan telah diketahui, sehingga kita bisa melakukan tindakan pencegahan sebelu meksploitasi terjadi. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah membuat kebijakan keamanan teknologi informasi atau IT Security Policy.

Newer Post Older Post Home

0 komentar:

Instagram Instagram Instagram Instagram